Be Faster On XP

Bermain-main dengan registry yang ada di Windows XP memang asik dan tidak asik. Asik kalau kita tahu bagimana cara bermainnya, tidak asik tentunya kalau kita tidak tahu cara menggunakannya. Kalau mau diumpamakan windows itu seperti sebuah rumah yang mewah dan megah, namun di balik ke mewahan dan kemegahan tersebut terdapat tempat-tempat seperti saluran air, listrik, dan lain-lain. Jika kita sorang ’tukang’ dan mendapatkan pekerjaan untuk memperbaiki saluran air, namun kita tidak tahu di mana letaknya maka sudah bisa di pastikan kita akan repot di buatnya. Namun kalau kita sudah tahu, tentu sangat mudah kita melakukan perbaikan atau perubahan tersebut. Begitu juga dengan registry yang ada di windows. Kalau kita tahu celah-celah yang ada di windows, kemudian kita bermain-main di registrynya, maka kita akan mendapatkan dua hal, pertama windows xp kita akan tampil beda dari yang lain atau bisa jadi windows xp kita malah rusak.

Memang bermain dengan registry sangat beresiko, namun resiko tersebut bisa kita tangani dengan cara kita melakukan backup registry. Sehingga apabila nanti setelah kita bermain-main di registry windows xp kita rusak, maka kita tinggal klik dua kali di mana file backup registry tersebut di tempatkan. Dengan demikian windows xp kita akan kembali seperti semula. Bagaimana cara membuat backup registry, berikut langkah-langkahnya:

1. Klik tombol Start > Run atau tekan windows+ r, maka akan keluar jendela run.
2. Setelah itu ketikan “regedit” (tanpa kutip) pada jendela run.
3. Maka akan muncul tampilan registry editor, tekan menu file > Export.
4. Setelah itu akan muncul jendela export registry, masukan nama file di bagian file name, misal ”bakcup-registry”, atau yang lainnya dan jika sudah klik save.

Sekarang sistem registry windows XP anda sudah terbackup. Itu artinya jika nanti anda melakukan kesalahan pada saat merubah-rubah tampilan windows, kita tidak perlu panik atau tidak perlu menginstal ulang windowsnya. Cukup dengan menglik dua kali file dari backup-an registry tadi. Setelah itu windows xp kita akan kembali seperti sebelum kita melakukan perubahan. Baik, selanjutnya mari kita bermain dengan registry, namun untuk saat ini saya hanya memberikan 3 tips saja dulu, dan untuk tips-tips yang lain akan di tulis di kemudian hari. (sumber: dari buku ”95 tip dan trik registry windows xp; emk: 2005”). Setuju?, kalau setuju mari kita lanjutkan.

A. Mengubah waktu delay ketika membuka sebuah menu
Ketika kita membuka sebuah menu, biasanya ada jeda waktu yang cukup lama (meskipun hanya beberapa detik) dari saat kita mengklik sampai menu tersebut benar-benar terbuka secara penuh. Secara default, 400 milidetik yang dibutuhkan oleh komputer jika kita membuka suatu menu/aplikasi. Namun angka tersebut bisa kita rubah, semakin kecil angkanya maka semakin cepat delay waktunya (dalam membuka menu). Mau tahu caranya, klik start dan pilih run, kemudian ketikan ”regedit” (tanpa kutip) pada jendela run. Setelah itu akan muncul tampilan registry editor. Carilah tulisan/bagian HKEY_CURRENT_USER-Control Panel-Desktop dan carilah value MenuShowDelay. Klik ganda dan ubahlah angka yang semula 400 milidetik menjadi angka yang lebih kecil, misal 100 atau 75 (terserah anda). Setelah selesai, maka bukalah sebuah menu, dan rasakan perbedaannya. Beda bukan?

B. Merubah AM dan PM menjadi yang lain
Secara otomatis format waktu yang ada di dashboard kanan bawah dari komputer kita akan tertulis AM dan PM. Sebenarnya tulisan ini bisa kita rubah dengan PAGI, SORE atau dengan nama kita, misal PAGI YOGA, dan lain-lain. Caranya begini, buka jendela registry editor dan akseslah bagian HKEY_CURRENT_USER-Control Panel-International. Klik ganda value s1159 dan ubah teks AM dengan PAGI dan klik ganda s2359 dan ubah PM menjadi SORE. Tekan tombol OK dan keluarlah dari jendela registor. Setelah itu, coba lihat perubahannya, menerik bukan.

C. Menghilangkan tanda anak panah pada Icon Shortcut
Sewaktu kita menginstal sebuah program/software biasanya akan muncul icon shortcut yang ada di desktop. Icon shortcut ini di tandai dengan anak panah di salah satu sisi icon. Buat kita yang tidak suka dengan tanda panah tersebut, kini tidak usah bingung, karena dengan cara di bawah ini maka icon panah tersebut akan hilang. Setelah kita masuk ke jendela registry editor, maka masuklah ke bagian HKEY_CLASSES_ROOT-lnkfile.
Carilah value IsShortcut dan ubahlah namanya menjadi IsShortcuts. Setelah itu, cari key HKEY_CLASSES_ROOT-piffile dan carilah value IsShortcut dan rubahlah menjadi IsShortcuts. Setelah selesai, coba restart komputer anda, setelah itu perhatikan icon shortcut yang ada di desktop, hilang bukan anak panahnya.

Demikian beberapa tips bermain-main dengan registry yang ada di Windows XP, dan lain kali jika ada waktu kita sambung dengan tips-tips yang lain. Semoga berguna dan tidak dianggap “basbang” untuk rekan-rekan yang masih menggunakan Jendela XP, termasuk saya.


Written by

0 comments: