Maximalkan Performa Windows XP

Mempercepat Windows XP Secara Luar Biasa Namun Sederhana

Apakah H.W.P Mania masih menggunakan windows XP? Apakah H.W.P Mania sudah pernah menggunakan windows 7? Jika ada yang masih menggunakan windows XP pasti salah satunya adalah karena rig yang masih jadul. Bahkan saya sendiri pun masih menggunakan windows XP. Namun adalah hal yang menyebalkan jika OS kita lambat. Hal ini akan membuat anda ingin mempercepat windows XP anda. Jika windows XP lambat, maka ada 3 hal yang bermasalah:


  • Defragment
  • Registry Cleaner
  • Hard Disk
Jika komputer anda menjadi lambat, maka 3 hal tadi perlu anda benahi. Pada artikel saya kali ini saya akan memberikan tips mempercepat windows XP anda. Cara-cara mempercepat windows XP yang saya share cukup sederhana kok. Kalo susah nanti anda malah makin pusing. Sebagai sesame pengguna windows XP, mari kita berbagi. Adapun tips mempercepat windows XP adalah sebagai berikut:
  • Disc Defragment
    Defragments your volumes so that your computer runs faster and more efficiently. Disc Defragment memang seharusnya dilakukan secara berkala agar komputer dapat bekerja dengan baik. Disc Defragmenter adalah sebuah program untuk membantu merapikan penempatan data di dalam harddisk, setelah rapi kecepatan dalam mencari data lebih cepat dan efisien karena tidak berpencar lagi. selain untuk menata file, defragmenter juga mempunyai fungsi menjaga kestabilan dan kondisi hardisk karena defragmenter mampu mengakomodasi dan memperbaiki boot sector dalam harddisk ataupun error program. Makin berantakan harddisk kita, makin lambat komputer kita.  Cara menjalankannya pun sangatlah mudah. Klik Start- All program – Accessories- System Tools- Disc Defragmenter.
  • Registry Cleaner
Windows Registry adalah merupakan bagian yang memegang peranan penting dalam system operasi windows. Registry merupakan sebuah basis data (database) yang disusun secara hierarkis yang berisi informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna. Selama beberapa  waktu, registri akan mengumpulkan banyak file yang tidak diinginkan. Virus seperti adware dan malware juga mencari tempat untuk bersembunyi. Hal ini tentu akan menjadi masalah. Registry Cleaner diciptakan untuk memecahkan masalah ini. Anda bisa mencoba mencari software tersebut disini.
  •  Membersihkan Data Harddisk
File yang terlalu banyak pada harddisk dapat membuat komputer anda menjadi lambat. Jika anda ingin mempercepat windows XP anda, hapuslah data-data yang tidak penting. Paling tidak berikan ruang kosong sekitar 500-1500MB pada Harddisk anda. Jika anda memang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, beli harddisk baru saja.

Sekian tips-tips dari BlohHWP. Semoga dapat membantu mempercepat windows XP anda. Jangan malu menggunakan operating system jadul. Tapi maksimalkanlah yang ada.

Copas tanpa mencantumkan sumber, merupakan perbuatan tercela

Written by

0 comments: