Tutorial Belajar Bahasa Pemrograman C# Part 2 ( Creating Object )


Yuk Belajar C#
Chapter 1
    Hai H.W.P Mania, setelah sebelumnya, blogHWP membahas tentang OOPS Using C# Part 1, kali ini Blog HWP akan membahas bagian keduanya yg berjudul OOPS Using C# part 2 ( Creating Object ).

    Object adalah suatu contoh class. H.W.P mania membuat object untuk mengakses variable dan functions yg H.W.P Mania buat. Kali ini Blog HWP akan berbagi Ilmu tentang :
1.  Mendeklarasikan Variable.
2.  Menulis dan Menjalankan C# Program.


MENDEKLARASIKAN VARIABLE

    Variable adalah lokasi di memori yg terdapat nama dan mengandung nilai. Nilai dalam artian disini bisa berupa bilangan integer, seperti angka 27, bilangan desimal, seperti angka 9.85, atau bisa jadi sebuah karakter, seperti 'L'. Variable terkait dengan sebuah tipe data yg mendefinisikan tipe dari data yg H.W.P mania gunakan, yang dapat disimpan dalam sebuah variable. Sebagai contoh, sebuah variable yg bernama TennisPlayerName yg idealnya akan menyimpan karakter, sedangkan variable yg bernama High_Score akan menyimpan angka. Sebuah program akan mengacu pada variable oleh nama variable tersebut.

Naming Varible in C#
 
Berikut ini beberapa aturan yg digunakan untuk penamaan variable di C# :
-    Harus diawali dengan kata atau underscores (‘_’), yg bisa diikuti oleh beberapa kata, angka (0-9), atau underscores. Karakter pertama dalam penamaan variable tidak boleh berupa angka.
-    Tidak boleh mengandung spasi atau simbols seperti ? ! @ # + - %  ^ & * ( ) [ ] { } . , ; : ” ’ ? \ dan /. Namun underscores (garisbawah ) bisa digunakan untuk pengganti spasi, seperti high_score.
-    Harus unique (berbeda/ tidak ad yg kembar). Sebagai contoh, untuk menyimpan 4 anka yg berbeda, harus ada empat nama variable yg berbeda pula. Huruf besar dianggap berbeda dari huruf kecil ( case sensitif ).
-    Kata tercadang tidak boleh digunakn sebagai nama variable. Contoh, H.W.P mania tidak dapat mendeklarasikan nama variable dengan nama class karena itu adalah kata tercadang di C#.
Berikut ini contoh penamaan variable yg benar :

    Game_level
    High_score
    This_Variable_name_is_very_very_very_long


Dan berikut ini penamaan variable yg tidak benar :

    #score
    2strank


Note : C# adalah bahasa pemrograman dengan Case Sensitif. Dalam artian, variable dengan nama TennisPlayerName tidak sama dengan variable tennisplayername.


Mendeklarasikan dan Inisialisasi Variable
Syntax untuk penamaan variable di C#
     =;
  adalah tipe data yg digunakan.
adalah nilai yg H.W.P mania berikan .

Contoh :
Int age ;
Char choice = ‘y’;

Contoh diatas pendeklarasian variable age dengan tipe data int dan inisialisasi nilainya adalah 0, dan variable choice dengan tipe data char dan nilainya y.

Tipe data dalam C#

Char     dengan range nilai 0 sampai 65535 .
Int        dengan range -2,147,483,648 sampai 2,147,283,647.
Float     dengan range -3.402823E+38 sampai -1.401298E-45 ( untuk nilai negatif) dan 1.401298E-45   sampai 3.402823E+38 ( untuk nilai positif ).
Double dengan range -1.79769313486232E308 sampai -4.94065645841247E-324 (untuk nilai negatif) dan 4.94065645841247E-324 sampai 1.79769313486232E308 (untuk nilai Positif).
Bool     dengan nilai True or False.
String    dengan range 0-2 billion Unicode Characters.

WRITING and EXECUTING A C# PROGRAM

Hai H.W.P mania, mungkin ini sesi yg anda tunggu, dalam sesi ini H.W.P mania akan memulai cara menulis dan menjalankan program yg H.W.P mania buat di C#.
    Sekarang coba H.W.P Mania buka notepad dan ketikkan code ini dan save dengan nama test.cs:
using System;
class masuk
    {
    //Member Variable
        int a;
    //Member Functions
        public void Accept()
        {
            Console.WriteLine("http://habibwp.blogpot.com TEST angka ");
            a = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
        }
        public void diplay()
        {
            Console.WriteLine(a);
        }
    }
    //class used to instantiate the mauk class
    class Program
    {
        public static void Main(string[] args)
        {
            masuk masuk1=new masuk();
            masuk1.Accept();
            masuk1.diplay();
        }
    }

Setelah itu masuk ke start – all programs – ms visual studio 20-- - visuall studio tools – developer command prompt vs2012, masuk ke directory tempat H.W.P Mania tadi save file .cs nya, lalu ketikkan perintah csc test.cs, close vs2012 cmdnya, lalu masuk ke folder save H.W.P Mania, kalo BlogHWP di D:/Document/KULIAH/OOPS, mka disitu akan ada file yg berextensikan .exe (executable). Lalu double click dile tersebut, dan taraaa jadilah program kecil2an .

PENJELASAN PROGRAM DIATAS

The using Keyword

    Statement pertama dalam penulisan progrm di C# adalah Using System;

Statement terbut dipakai untuk memasukkan namespace ke program. Statement ini mendeklarasikan class dalam namespace. Sebuah program dapat menggunakan statement using berkali2.

The class Keyword

    Class keyword digunakan untuk mendeklarasikan class. Dalam code datas, class keyword mendefinisikan class masuk. Kurung kurawal ( ‘{ }’ ) mengindikasikan mulai dan berakhirnya suatu class.

The comment entry

    Biasanya untuk menambahkan comment diawali dengan double slash ( ‘ // ‘ ), contoh  //sampe program.

Member Variables

    Variable digunakan untuk memasukkan data. Variable juga bisa disebut anggota data dalam class. Di code diatas, class masuk  mempunyai satu member variable yaitu a.


Member Functions

    Function adalah kumpulan statement yg menjalankan perintahyg spesifik dalam menanggapi pesan. Function dalam class disebut member functions in C#. Member function dideklarasikan didalam class. Dalam code diatas terdapat 2 member function yg bernama Accept dan Display.

Instantiating class

    Dalam code diatas , Program class mendeklarasikan dengan method main() merupakan program utama untuk menjalankan class masuk.
  

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat ss yg BlogHWP sertakan.




     Kenapa cmdnya langung hilang ?, untuk menanganinya H.W.P Mania cukup tambahkan kata ini Console.ReadLine();   ,  dibawah baris ini  masuk1.diplay();.

Jadinya seperti ini

masuk1.diplay();
Console.ReadLine(); 
}


Lalu ulangi langkah diatas.


Klik Disini Untuk Download dalam Format Word

PASSWORD : http://habibwp.blogspot.com/
MASUKKAN PASS JGN DI CTRL+C, Tapi Diketik !

Ingat !, baca dulu Tutorial Belajar Bahasa Pemrograman C# Part 1 sebelum baca Tutorial Belajar Bahasa Pemrograman C# Part 2 ( Creating Object ).



Written by

0 comments: